Usaha Rental Mobil, Yuk Kita Analisa Modal Serta Keuntungannya !

Usaha Rental Mobil – Sering sekali pada waktu diakhir pekan, tepatnya pada saat libur. Maka, sering sekali irin-iringan rombongan pengantin, iring-iringan rombongan ke tempat wisata, iring-iringan ke rumah kerabat, iring-iringan menengok saudara atau temen yang sedang sakit. Maka, bisa dipastikan inilah peluang usaha yang sangat menjanjikan sekali untuk kedepannya. Ini berlaku jika anda dapat menyediakan kendaraan untuk disewa untuk acara-acara tersebut.

Usaha Rental Mobil

Untuk peluang ini, sangat bagus serta tidak menyita waktu jika anda masih sebagai pegawai. Entah itu pegawai negeri, pegawai swasta, dan lain sebagainya. Seiring dengan jumlah penduduk yang meningkat. Maka, bisa dipastikan sewa mobil akan selalu tetap berjalan dengan lancar. Sebab, tidak semua orang bisa membeli mobil yang memiliki harga lumayan mahal. Namun, jika hanya menyewa mobil, biasanya mampu.

Biasanya, seseorang yang belum mampu membeli kendaraan bermotor, khususnya roda 4. Maka, jalan yang terbaik jika ingin berpergian bersama-sama, entah untuk acara berwisata, berkunjung kerumah saudara, menjengun saudara yang sakit, dan lainnya. Maka, langkah yang teraman serta termudah adalah menyewa mobil dari perusahaan jasa rental mobil. Memang, bisnis rental mobil sangat menjanjikan sekali, terutama jika berada di kota-kota besar. Jika anda tertarik dengan bisnis rental mobil ini. Maka, dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan gambaran tentang modal rental, serta keuntungannya.

Usaha Rental Mobil, Yuk Kita Analisa Modal Serta Keuntungannya !

Konsumen usaha rental mobil

Untuk konsumen, sudah jelas sasarannya, yaitu seseorang yang memiliki kepentingan, atau kebutuhan khusus. Misalnya saja untuk jalan-jalan bersama keluarga, kepentingan bisnis, dan lainnya.

Hambatan usaha rental mobil

Dalam dunia bisnis, semua memiliki hambatan masing-masing, ini berlaku juga untuk bisnis rental mobil. Hambatan yang paling utama dalam bisnis rentak mobil adalah pesaing anda. Nah, selain pesaing bisnis, hambatan yang sangat dekat dengan anda dalam menggeluti bisnis rental adalah masalah permesinan mobil tersebut. Maka, pintar-pintarlah merawat mesin agar tetap prima.

Bagaimana cara mengawali usaha rental mobil

Langkah yang paling utama adalah anda harus mempersiapkan garasi mobil. Lalu, anda harus membeli mobil, entah mobil baru, ataupun mobil bekas. Ini semua tergantung keuangan anda, bila anda cukup uang, maka, saya sarankan untuk membeli mobil baru. Namun, jika anda memiliki modal yang hanya bisa membeli mobil bekas, maka, belilah mobil bekas.

Setelah anda memiliki armada mobil rental, maka, carilah supir yang berpengalaman dalam bidang menyetir mobil, kalau bisa cari supir yang paham akan mengenai mesin mobil. Ini bertujuan akan meringankan beban anda dalam merawat mobil. Untuk pembayaran supir, anda bisa membayarnya dengan cara bayar per bulan, atau bayar per sekali narik, atau anda juga bisa sistem bagi komisi 30 sd 40 % dari omset.

Setelah punya modal, segera atur strategi bisnis. Strategi ini meliputi:

  1. Pilihlah lokasi bisnis yang strategis, pastikan tempat penyewaan yang gampang di akses.
  2. Perhatikanlah jenis kendaraan yang banyak di favoritkan di masyarakat, kebanyakan mobil dengan kapasitas kursi terbanyak yang banyak di minati.
  3. Carilah mobil dengan biaya perawatan yang murah serta suku cadang yang gampang di cari agar tidak membebani biaya operasional.
  4. Pilihlah dengan cermat asuransi kendaraan untuk mengurangi resiko kerugian.
  5. Siapkan pengaturan administrasi yang lengkap supaya data konsumen dan kondisi kendaraan tersebut selalu tercatat dengan baik dan mudah untuk di tetliti jika sewaktu-waktu terjadi suatu hal yang tidak di inginkan.
  6. Bangun jaringan bisnis. Misalnya ikut seminar tentang bisnis. Atau ikut organisasi pebisnis di daerah.
  7. Jika ingin memakai sopir pilihlah sopir yang tertib dalam berlalu lintas dan bertanggung jawab serta enak untuk di ajak bicara supaya konsumen puas dengan kinerja si sopir tersebut.
  8. Hitunglah modal dan potensi kerugian

Kunci sukses usaha rental mobil

Jika anda ingin sukses dalam bisnis rental mobil. Maka, anda harus rajin menjalin kerjasama, serta pandai bergaul. Anda bisa bekerjasama dengan  dinas-dinas terkait, dan lain sebagainya. Jika anda makin banyak relasi, maka, peluang anda akan semakin besar.

Tips Sukses Usaha Penyewaan Mobil

Dalam menjalankan usaha rental travel mobil di awal pasti akan mengalami banyak tantangan. Seperti usaha yang baru belum dikenal. Oleh sebab itu kami berikan beberapa tips agar usaha yang anda jalani tersebut bisa sukses dan menguntungkan. Inilah tipsnya.

kerjasamaa

1. Menjalin relasi yang baik dan kerjasama dengan berbagai pihak sebanyak-banyaknya. Kerjasama dengan semua kalangan. Baik itu pegawai, mahasiswa, pns, perusahaan hingga masyarakat kecil,dll. Hal ini sesuai sabda Rasulullah SAW: Barang siapa yang menjalin silaturahmi maka Allah akan memperbanyak rezekinya. Tawarkan pula komisi yang menarik jika mereka mampu membawakan konsumen kepada anda.

bijak

2. Tawarkan rental mobil tersebut kepada masyarakat terlebih dahulu. Seperti anggota keluarga, teman, rekan kerja, sahabat, kenalan, tetangga, sanak kerabat, dan lainnya.

pelayanan rental mobil

3. Memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan konsumen. Yang meliputi harga yang lebih murah dari kompetitor, sopir yang ramah, kendaraan bagus, terbaru, bersih dan mesin mobil dalam keadaan baik. Hal itu akan membuat konsumen puas atas pelayanan yang diberikan. Dari kepuasan itu mereka akan mengatakan kepada orang lain. Sehingga terjadilah promosi dari mulut ke mulut yang sangat efektif dan tanpa modal

4. Lakukan promosi yang gencar dengan berbagai cara. Seperti membagikan brosur, memasang spanduk, pamflet, memasang iklan secara online, memasang iklan di surat kabar dll. Jangan terpaku menggunakan satu cara promosi. Tapi gunakanlah berbagai jurus dan cara promosi.

Cara promosi usaha rental mobil selain cara di atas juga dapat dilakukan lewat media online. Misalnya promosi iklan usaha rental mobil di facebook, google plus, bbm, instagram, line, blog dll. Hal itu juga untuk mencari banyak konsumen. Sehingga usaha laris manis dan untung besar. Selain itu, untuk memperoleh konsumen, anda dapat menjalin kerjasama dengan berbagai pihak berupa lembaga swasta maupun pemerintahan dan perorangan. Anda bisa mencari dan mengajak kerjasama bird dog atau makelar dengan diberikan komisi menarik jika ada orang atau lembaga yang menyewa mobil atas rekomendasi makelar tersebut.

Rincian Biaya Modal Usaha Rental Mobil

▪ Modal Investasi
Biaya Investasi awal meliputi pembelian mobil second harga Rp 80 juta, pembuatan brosur atau alat promosi lainnya harga Rp 300 ribu. Total biaya investasi sebesar Rp 80.300.000.

▪ Biaya Operasional
Untuk biaya operasional bisnis rental mobil mencakup:

1. Gaji karyawan atau sopir Rp 3 juta
2. Biaya pulsa harga Rp 100 ribu
3. Ongkos tol, bensin, parkir liar Rp 500 ribu
4. Biaya perawatan mobil Rp 400 ribu

Jadi estimasi total biaya operasional usaha rental mobil sebesar Rp 4 juta.

Keuntungan Bisnis Rental Mobil
Diumpamakan dalam waktu satu bulan tercapai 20 orang penyewa dengan harga sewa mobil Rp 1 juta maka omset yang diraih sebesar Rp 20 juta perbulan. Keuntungan bersih sekitar 50 persen dari omset yakni sebesar Rp 10 juta perbulan. Perhitungan balik modal dihitung berdasarkan : untung bersih dikurangi biaya operasional, Rp 10 juta – Rp 4 juta = Rp 6 juta. Perhitungan balik modal dalam jangka waktu sekitar satu tahun.

Analisanya

Investasi awal

Membeli mobil bekas 70.000.000
Membuat brosur 300.000
Total 70.300.000

Biaya oprasional

Gaji supir 2.500.000
Biaya perawatan 500.000
Bensi, tol, dan pak ogah 500.000
Pulsa 100.000
Total 3.600.000

Perkiraan pendapatan

Bila dalam satu bulan mendapatkan sewa 20 kali sewa Rp 1.000.000 maka akan menghasilkan uang Rp 20.000.000

Untuk perkiraan laba kotor dari sewa adalah 50 % dari sewa mobil tersebut, yaitu Rp 10.000.000. Lalu, laba kotor yang anda dapatkan masih dikurangi biaya oprasional sebesar Rp 3.600.000, dan menghasilkan anda Rp 6.400.000 laba bersih anda.

Baca juga

Demikian sekilas informasi mengenai Usaha Rental Mobil yang dapat admin sajikan untuk anda. semoga informasi yang dapat kami sampaikan di atas dapat bermanfaat untuk anda semua yang ingin menjalankan bisnis rental mobil. Jika anda pada saat ini ingin merental mobil, maka, segeralah anda merental mobil kami sekarang juga. Kami melayani wilayah Jakarta dan sekitar Jakarta. berikut merupakan kontak yang dapat anda hubungi jika sewaktu-waktu anda membutuhkan jasa kami :

Hubungi Kami

Alamat : Villa Bintaro Regency Jl. Irian Blok A5 No. 5 Pondok Aren Tangerang Selatan

Email : rentalmobiljakartanet@gmail.com

Telp : 0878 8747 7662 / 0812 1908 3882

Whatsaap : 0878 8747 7662 / 0812 1908 3882

Salam sukses – Rental mobil jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *